Rabu, 01 April 2015

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan hari ini resmi dibuka

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan hari ini resmi dibuka

Taman wisata alam gunung papandayan
Tawan Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan hari ini, Rabu (1/4/2015) resmi dibuka kembali untuk umum setelah selama sekitar dua bulan sempat ditutup dari aktifitas kunjungan masyarakat umum dan wisatawan oleh BBKSDA Jawa Barat. Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut pada BBKSDA Jawa Barat Toni Ramdhani, Selasa (31/3/15) mengatakan setelah sempat ditutup, kondisi lingkungan alam di kawasan hutan Papandayan menunjukkan ada perbaikan.

Toni mengaku penutupan TWA Papandayan masih belum maksimal, karena masih ditemui pengunjung yang berdatangan ke areal kawah yang luasnya mencapai sekitar 10 hektare. Sehingga menjadikannya sebagai kaldera terluas se-Asia Tenggara. Sedangkan petugas BBKSDA yang bertugas di TWA Papandayan hanya berjumlah 5 orang.

Untuk menjaga kelestarian alam flora dan faula di kawasan TWA Papandayan, Toni berharap pengunjung dapat mematuhi berbagai ketentuan yang berlaku serta memperhatikan kebersihan di kawasan TWA Papandayan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga merekomendasikan pemindahan lokasi area publik 100 meter di bawah lapangan parkir untuk menghindari terpaan gas berbahaya yang sewaktu-waktu muncul dari areal kawah. BBKSDA dan masyarakat setempat sepakat area publik TWA Papandayan akan dikelola Kelompok Pemerhati Pariwisata Papandayan dengan membentuk wadah Koperasi untuk menghimpun para pelaku usaha jasa, pemanduan, angkutan, dan cendera mata, termasuk para volunteer.

Areal lapang parkir yang selama ini digunakan tidak akan diaktifkan lagi, semua kios termasuk kios yang sempat terbakar akan direlokasi ke areal publik yang baru. Areal parkir yang lama akan dijadikan tempat persinggahan pengunjung yang akan camping di pondok Saladah.


Baca berita seputar Garut DISINI.

Related Posts

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan hari ini resmi dibuka
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Terima kasih telah mengunjungi Portal Berita Garut, silahkan tinggalkan komentar.